Monday, September 13, 2010

Sejarah Pelantikan Dekan FISIP-UNSYIAH


      
          UNIVERSITAS SYIAH KUALA


Blog: http://saleh-sjafei.blogspot.com/  
Telp. +62 651 755 5267   

Banda Aceh,   23 November 2009


PELANTIKAN PARA PEMBANTU DEKAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) UNSYIAH

BANDA ACEH – Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) telah berusia kurang lebih 50 (lima puluh) tahun. Dalam usia tersebut Unsyiah telah melewati berbagai dinamika yang patut dijadikan inspirasi untuk pengembangan pengetahuan dan kapasitas komunitas ilmiah. Upacara Pelantikan para Pembantu Dekan FISIP-Unsyiah oleh Dekan fakultas bersangkutan (Dr. Syarifuddin Hasyim, SH, MH) merupakan kegiatan rutin universitas untuk memungkinkan kelanjutan tugas pemerintah dalam bidang pendidikan tinggi. Upacara tersebut diselenggarakan pada tanggal 24 November 2009. Adapun nama-nama para Pembantu Dekan itu adalah berturut-turut: (1). Pembantu Dekan Bidang Akademis adalah Dr. Alamsyah, M.Si.; (2). Pembantu Dekan Bidang Administrasi dan Keuangan adalah Dr. Ishak Hasan, M.Si.; (3) Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan adalah Drs. Zainal Abidin, M.Si.; dan (4) Pembantu Dekan Bidang Kerjasama adalah Dr. Saleh Sjafei, M.Si. Kepada semua Pembantu Dekan tersebut nanti akan diserahkan kewenangan dan tanggung jawab kerja masing-masing berdasarkan TUPOKSI hasil operasionalisasi VISI dan MISI Dekan.

Sejauh ini Unsyiah sudah memiliki 10 fakultas dengan jumlah mahasiswa 26.700 orang, dan tenaga pengajar tetap sebanyak 1.527 orang (lebih 250 orang di antara mereka sudah berkualifikasi doktor). Sejak tanggal 1 Oktober 2009 Rektor Unsyiah (Prof. Dr. Darni M. Daud, MA) telah melantik Dekan FISIP-Unsyiah (Dr. Syarifuddin Hasyim, SH, MH) dan dengan upacara tersebut sekaligus menandakan tambahan fakultas baru di lingkungan universitas jantung hati masyarakat Aceh.

Pada prinsipnya, sejak tahun 1982 Rektor Unsyiah (Prof. Dr. Ibrahim Hasan, MBA) telah bekerjasama dengan salah satu universitas di Negeri Belanda untuk mengembangkan program studi ilmu-ilmu sosial agar memungkinkan lahirnya FISIP. Beberapa dosen (antara lain Prof. Dr. bahrein T. Sugihen, MA) telah dipersiapkan di Negeri Belanda pada waktu itu untuk mengembangkan rencana tersebut. Pada waktu itu, Fakultas Hukum Unsyiah sepakat untuk dipilih menjadi wadah pencangkokan program pengembangan ilmu-ilmu sosial melalui pembukaan suatu jurusan baru namanya Hukum dan Masyarakat/Pembangunan. Namun, setahun kemudian disebabkan pertimbangan tertentu Dekan Fakultas Hukum Unsyiah pada saat itu meleburkan mahasiswa jurusan tersebut untuk kembali mengikuti kurikulum Fakultas Hukum yang sedang berlaku. Dengan demikian, embrio program studi ilmu-ilmu sosial pun mengalami kendala.

Beberapa periode kemudian, khususnya pada masa Rektor Unsyiah Prof. Dr. Dayan Dawood, MA. dibentuk panitia pembukaan Fakultas/Jurusan Ilmu–Ilmu Sosial dan Politik Unsyiah. Berbagai kendala untuk pembukaan fakultas itu dihadapi panitia, sehingga kepanitiaan tersebut dilanjutkan pada periode Rektor Prof. Dr. Abdi A. Wahab, M.Sc. sampai terjalin kerjasama dengan Departemen Sosiologi FISIP-UI untuk merintis dukungan memperoleh izin pembukaan fakultas pada Dirjen Dikti Depdiknas. Dengan berbagai upaya dan dukungan dari banyak pihak, pada tahun 2007 di bawah Rektor Unsyiah (Prof. Dr. Darni M. Daud, MA) dan Ketua Panitia Pembentukan Program Studi Ilmu-Ilmu Sosial dan Politik (Dr. Syarifuddin Hasyim, SH) Dirjen Dikti member izin pembukaan dan penerimaan mahasiswa untuk beberapa program studi (Sosiologi, Ilmu Komunikasi, dan Ilmu Politik) pada Universitas Syiah Kuala. Selama hampir 3 tahun ini jumlah mahasiswa yang mengikuti pendidikan pada FISIP-Unsyiah lebih dari 700 orang.

Sejak tanggal 1 September 2009 pengelolaan Program Studi Ilmu-Ilmu Sosial dan Politik vakum. Tidak ada Surat Keputusan Rektor yang menyatakan kelanjutan pengelolaan pasca dua tahun 2007-2009 oleh para pengelola terdahulu. Kevakuman yang demikian itu agaknya tidak lazim dan bahkan tidak patut terjadi dalam proses pengelolaan pendidikan tinggi melalui program studi ilmu-ilmu sosial dan politik. Namun, setelah pelantikan Dekan FISIP pada tanggal 1 Oktober 2009 semua tugas akademis dan administratif sampai rekrutmen tenaga dosen FISIP ditanggulangi sendiri oleh Dekan bersangkutan.


Tentang figure para Pembantu Dekan FISIP adalah sebagai berikut:
(1)   Dr. Alamsyah yang dilantik menjadi Pembantu Dekan Bidang Akademis adalah dosen pada FKIP-Unsyiah yang menyelesaikan pendidikan Doktor dalam bidang Geografi pada Universitas Gadjah Mada, Yogayakarta.
(2)   Dr. Ishak Hasan yang dilantik menjadi Pembantu Dekan Bidang Administrasi dan Keuangan adalah dosen pada FKIP-Unsyaih yang telah menyelesaikan pendidkan Doktor dalam bidang Ekonomi Koperasi dari UNPAD;
(3)   Drs. Zainal Abidin, M.Si. yang dilantik menjadi Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan adalah juga dosen FKIP-Unsyiah yang telah menyelesaikan pendidikan jenjang Magister Ilmu Politik dari FISIP-UI; dan
(4)   Dr. Saleh Sjafei, SH, M.Si. yang telah dilantik menjadi Pembantu Dekan Bidang Kerjasama adalah dosen pada Fakultas Hukum Unsyiah yang telah menyelesaikan pendidikan jenjang Doktor pada Departemen Sosiologi, FISIP-UI.



No comments: